Jumat, 02 Februari 2018


Contoh soal flowchart beserta penjelasannya
1.        Buatlah flowchart untuk menghitung total pembayaran dari pemebelian pelanggan toko. Dalam masalah ini ada ketentuan apabila pembelian pelanggan tersebut sama dengan atau melebihi 100.000, maka pelanggan tersebut mendapat diskon 10 %, jika tidak pelanggan tersebut hanya mendapat diskon 5%.

2.        Dari 4 penilaian seseorang dikatakan berprestasi baik jika rata-ratanya lebih dari 80, berprestasi cukup jika rata-ratanya antara 60 sampai dengan 80, dan berprestasi buruk jika rata-ratanya kurang dari 60. Buatlah flowchart untuk menentukan kriteria seseorang.
3.        Dalam pemilihan jurusan IPA serta IPS, dinilai 3 pelajaran IPA dan 2 pelajaran IPS. Bila rata-rata nilai IPA lebih besar dari rata-rata nilai IPS maka dijuruskan ke IPA, kalau sama diperbolehkan memilih dan kalau nilai rata-rata IPS lebih besar dari nilai rata-rata IPA maka dijuruskan ke IPS. Buatlah flowchart untuk menentukan jurusan.

4.        Untuk mendapatkan kredit pemilikan mobil, perlu dinilai penghasilan pemohon. Cara penilaian: pendapatan tetap/pokok dihitung penuh, pendapatan tambahan dihitung setengah dan pendapatan keluarga (suami/istri) dihitung sepertiga. Apabila jumlah pendapatan lebih besar atau sama dengan Rp. 1.000.000,- mendapat kredit SEDAN, kurang dari itu tetapi masih lebih besar dari Rp. 500.000,- mendapat kredit  MINIBUS, selain itu tidak berhak mendapat kredit.

5.        Untuk menarik pelanggan yang lebih banyak, Rental CD “ABC” memberikan  diskon setiap penyewaan CD, Buatlah flowchart untuk menentukan total pembayaran yang harus dibayar jika menyewa sejumlah X keping CD dengan ketentuan sebagai berikut :
-       Jika member, maka berapapun jumlah CD yang disewa harga perkepingnya Rp. 2000,-
-       Jika bukan member dan jumlah CD yang disewa kurang dari 5 harga perkepingnya Rp. 3000,-. Sedangkan jika jumlah CD yang disewa lebih dari atau sama dengan 5 maka harga perkepingnya Rp. 2500,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Determinan dan Matriks Invers || Aljabar Linier

BAB II DETERMINAN Tujuan Instruksional Umum (TIU) Mahasiswa mampu menguasai konsepsi dasar Matriks dan Transformasi Linier yang te...